Flash News
Mail Instagram Pinterest RSS
MENU UTAMA

BlackBerry Bidik Konten Lokal Indonesia

RIM via Facebook
Suasana acara BlackBerry Developer Day di ITB, Selasa (24/5/2011).

Research In Motion (RIM) serius menggarap konten lokal dengan menggandeng para pengembang di Tanah Air. Hal tersebut ditandai salah satunya dengan pelaksanaan Blackberry Developer Day 2011 yang berlangsung di Institut Teknologi Bandung, Selasa (24/5/2011). Hadir sebagai pembicara, Johan Kremer, Head of Alliances Southeast Asia RIM, serta Sarim Azis, Senior Applications Development. Acara ini juga dihadiri para pengembang aplikasi lokal serta mahasiswa hingga pelajar sebagai peserta.

Johan menjelaskan, Indonesia merupakan pangsa pasar yang potensial baik untuk penjualan unit blackberry maupun pengunduhan aplikasi. Saat ini terdapat 35 juta pengunduh aplikasi dalam App World dan berlangsung 2 juta pengunduhan setiap hari. Dia mengungkapkan karakter pengunduh aplikasi di Indonesia yang lebih menyukai yang gratis daripada berbayar.

"Aplikasi gratis adalah kesempatan berharga untuk memperkenalkan sebuah pengembang aplikasi kepada calon konsumen potensial. Peluang itu datang bila aplikasi kita banyak diunduh," ujar Johan.

Salah satu faktor pendorong penjualan Blackberry di Indonesia adalah fitur percakapan melalui Blackberry Messenger serta aplikasi dengan konten lokal. Para pengguna lebih memilih untuk mengunduh aplikasi yang berbahasa Indonesia dibandingkan aplikasi berbahasa Inggris. Faktor tampilan juga disinggung Johan sebagai pertimbangan utama dalam memilih aplikasi.

Menurut data RIM, saat ini terdapat lebih dari 357.000 pengembang aplikasi yang mengunggah karya mereka di App World.

Aplikasi sebagai promosi

Oon Arfiandi, Chief of Technology 7 Langit, menuturkan bahwa pihaknya membuat aplikasi dengan skema kerja sama dengan perusahaan yang ingin berpromosi. Dengan kata lain, aplikasi tersebut bisa diunduh secara gratis tapi sebetulnya perusahaan yang menanggung biayanya.

"Yang paling utama adalah membuat aplikasi yang bisa berintegrasi dengan kemampuan Blackberry tapi sekaligus memiliki tampilan yang menarik," kata Oon.

Dia melanjutkan, 7 Langit bekerja sama dengan penyelenggara event musik seperti Java Jazz, maupun merek terkemuka seperti Mercedes Benz. Aplikasi yang tujuannya mempromosikan sebuah merek tidak selalu harus berisi info produk, tinggal kreativitas dari para pengembang aplikasi.

Calvin Kizana dari Elasitas mengungkapkan bahwa para pengunduh aplikasi sangat menggemari layanan berbasis lokasi sehingga aplikasi permainan yang mengandalkan fitur itu lebih banyak diunduh.

Peluang aplikasi tablet

Acara tersebut juga dimanfaatkan untuk memperkenalkan BlackBerry PlayBook, tablet terbaru buatan RIM. Momen peluncuran komputer tablet tersebut akan dijadikan ajang mengumpulkan pembuat aplikasi yang bisa menghadirkan konten lokal yang bisa diangkat ke ranah internasional. Salah satu hal yang ditawarkan kepada para pengembang adalah potensi pengunduh aplikasi yang bisa mencapai lebih dari 55 juta orang pengguna Blackberry di seluruh dunia.

Spesifikasi BlackBerry Playbook mendukung berbagai platform seperti Java, C++, maupun berbasis open source seperti WebWorks. Salah satu keunggulan dibandingkan komputer tablet dari produsen lain adalah mampu menjalankan script Flash secara native atau dijalankan melalui perangkat tablet secara langsung, tidak diemulasikan menggunakan proses lain.

"Playbook bisa menampung berbagai bahasa pemrograman serta menjalankan script Flash dengan lebih cepat," ujar Sarim.

Kompas.com - www.musikji.net

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih telah memberi komentar.